Sejarah Lahirnya IKATAN PELAJAR PUTRI NAHDLATUL ULAMA (IPPNU)

Adalah suatu Badan Otonom (Banom) NU yang membidangi remaja, santri, pelajar putri dan mahasiswi. Didirikan pada 8 Rajab 1473 H, bertepatan dengan 2 Maret 1995 di Solo, Jawa Tengah. Salah satu pendirinya adalah Ny. Umroh Mahfudzah. Sejak berdirinya IPPNU bernaung dibawah LP Ma’arif, namun sejak tahun 1966 melalui konggresnya di Surabaya, IPPNU berdiri sendiri sebagai salah satu Badan Otonom NU.
Sejak tahun 1988, melalui konggresnya yang ke-9 di Jombang (29-31 Januari 1988), kepanjangan IPPNU berganti menjadi  Ikatan Puteri-Puteri Nahdlatul Ulama, karena harus menyesuaikan diri dengan Undang-undang nomor 8 tahun 1985 tentang keormasan, yang melarang adanya organisasi pelajar di sekolah selain OSIS.
Namun setelah Orde baru tumbang, di saat kebebasan berpendapat dan berekspresi bisa diperoleh dengan mudah, singkatan itu dikembalikan lagi seperti saat kelahirannya. Melalui konggresnya yag ke-13 di Surabaya (18-22 Juni 2003), kepanjangan IPPNU kembali seperti semula: Ikatan Pelajar Puteri Nahdlatul Ulama.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: